Acih Sunarsih (karya Ilmiah)

PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN CONTOH SERTA MENGAKTIFKAN SISWA DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI SISWA KELAS II SDN JUGALA JAYA DALAM MATA PELAJARAN IPA

 

DISUSUN OLEH,

ACIH SUNARSIH

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan pembuatan karya Ilmiah ini yang berjudul” PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN CONTOH SERTA MENGAKTIFKAN SISWA DALAM MENINGKATAKAN KONSENTRASI SISWA KELAS II SDN JUGALA JAYA DALAM MATA PELAJARAN IPA.”

Karya ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah semester 1 pada mata kuliah……… penulis berharap hasil karya ilmiah ini dapat menajdi masukan untuk pengembangan pembelajaran di sekolah tingkat dasar (SD) khususnya mata pelajaran IPA. Terima kasih yang sebenar-benarnya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya baik secara moril maupun materil, khususnya kepada :

1.      Bpk. Mukhsin S.Pd           ( Kepala Sekolah SDN Jugalajaya )

2.      Mintarsih, A.Ma.Pd          ( Teman Sejawat )

3.      Rekan-rekan guru SDN  Jugalajaya

Demikian karya ilmiah ini dibuat,semoga bisa bermanfaat bagi semua pihak yang membaca karya ilmiah ini.

Jasinga , 13 Mei 2011

Penulis

 


 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR…………………………………………………….i

DAFTAR ISI………………………………………………………………ii

I.                   Pendahuluan                                                                                               1

A.    Latar Belakang Masalah                                                               1

B.     Rumusan Masalah                                                                          1

C.    Pemecahan Masalah                                                                       1

D.    Tujuan Penelitian                                                                           2

E.     Manfaat penelitian                                                                         2

II.                Kajian Pustaka                                                                               3

III.             Pelaksaan Penelitian                                                                                   4

IV.             Hasil Penelitian                                                                               5

V.                Kesimpulan                                                                                     8

A.    Kesimpulan

B.     Saran dan Tindak lanjut

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

I.                  PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

          Sekolah Dasar Negeri Jugalajaya adalah salah satu SD negeri yang terletak  ± 15Km dari pusat kecamatan Jasinga kabupaten Bogor. Hal tersebut mengakibatkan sarana dan prasarana yang jauh dari kata cukup serta kurangnya kesadaran warga akan pentingnya pendiddikan bagi anak-anak. Guru yang ada di SDN Jugala jaya adalah guru yang berpredikat sebagai guru desa terpencil (GURDACIL),tetapi dengan adanya Bantuan Dana Operasional Sekolah (BOS) SDN Jugalajaya bereusaha menyesuaikan dengan kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP),dimana setiap guru harus memiliki Kreatifitasnya masing-masing untuk memajukan siswa.

Tetapi tak bisa dipungkiri dalam kenyataannya dari bidang studi yang diajarakan dikelas II SDN Jugalajaya ternate daya serap serta onsep-konsep bidang tematik IPA lebih rendah dibandingkan dengan tematik lainnya.

Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa berbagai cara telah ditempuh sekolah dan pemerintah seperti melengkapi sarana dan prasarana belajar, mengadakan penataran dan pelatihan guru dengan gugus bermutu dan penyetaraan pendididkan.

Untuk mengetahui materi pelajaran bisa dikuasai atau tidaknya ditunjukan dengan nilai yang diperoleh siswa, dengan nilai iltulah dapat menggambarkan keberhasilan dan kemampuan seorang guru dalam kinerjanya.

Karya ilmiah yang disusun berdasarkan catatan yang dibuat pada saat melaksanakan kegiatan perbaikan melalui kegiatan-kegiatan Observasi dan dsikusi, pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dialkukan dalam sisklus penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran IPA.

  1. Rumusan Masalah

Berdasarkan analisis masalah tersebut diatas dapat dirumuskan pembelajaran IPA sebagai berikut :

Apakah Penggunaan alat peraga dan Contoh dapat mengaktifakan siswa serta meningkatkan konsentrasi siswa kelas II dalam mata pelajaran IPA?

  1. Pemecahan Masalah

Adapun tindakan yang dilakukan penulis untuk mengatasi masalah dalam IPA pada siklus I adalah sebagai berikut :

  • Menjelaskan materi pembelajaran Tematik IPA hewan-hewan yang merugikan dengan pemberian contoh-contoh yang ada dilingkungan sekitar
  • Menggunakan alat peraga berupa gambar-gambar yang merugikan manusia dan hewan
  • Menyimpulkan materi pembelajaran yang disampaikan mengenai hewan yang merugikan bagi manusia. Hewan yang merugikan hewan lain.

Dari kegiatan  siklus I direfleksikan bersama Observasi untuk digunakan sebagai bahan acuan dalam menyusun rencana perbaikan IPA siklus II yang pada prinsipnya langkah-langkah yang ditempuh dengan siklus I, tetapi lebih ditentukan pada hasil kreatifitas siswa dan konsentrasi selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan alat peraga berupa gambar-gambar binatang yang merugikan, setelah diadakan evaluasi masih ada siswa yang mendapat nilai dibawah rata-rata 60.

Hal ini membuktikan perlu diadakan kembali perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

  1. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian bagi penulis adalah sebagai berikut :

  • Dengan penggunaan alat peraga dan contoh,siswa diharapkan dapat aktif dalam belajar tidak mengantuk.
  • Membantu siswa untuk lebih berkonsentrasi dalam memahami pelajaran Tematik IPA kelas II.
  1. Manfaat Penelitian

a.       Bagi Guru

–          Agar guru dapat memperbaiaki mutu kinerjanya atau meningkatkan proses pembelajaran secara berkesinambungan

–          Untuk mengambangkan keterampilan guru untuk menghadapi permasalahan yang nyata dalam proses pembelajaran dikelas

–          Meningkatkan profesionalisme guru.

b.      Bagi Siswa

–          Mempu memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru

–          Siswa dapat berlatih cara berpikir

–          Siswa lebih berkonsentrasi melalui pengamatan alat peraga yang bersifat konhkrit

c.       Bagi Sekolah

–          Membantu tanggung jawab sekolah dalam pelaksanaan kurikulum

–          Membantu sekolah dalam meningkatkan Mutu Lulusan

 

 

 

 

II.               KAJIAN PUSTAKA

Menurut Eebert dan Straker (1995 : 60-75) dalam MARSIGIT (2001 : 4-5) bahwa : siswa akan belajar jika mendapatkan motifasi dari guru, bila guru menyediakan kegiatan yang menyenangkan,memperhatikan keinginan mereka. Membangun pengertian melalui apa yang diketahui,menciptakan suasana kelas yang mendukung dan merangsang belajar,memberikan kegiatan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, memberikan kegiatan yang menantang. Memberikan kegiatan yang memberikan harapan keberhasilan. Menghargai setiap pencapaian siswa.

Menurut penulis beberapa tindakan yang dilakukan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran Tematik IPA kelas II guru harus mampu menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan contoh-contoh yang kongkrit,tehnik penyampaian yang menarik dan mampu menggunakan alat peraga sehingga dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dan berkonsentrasi dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas, karena siswa kelas II masih membutuhkan contoh-contoh dengan penggunaan model alat peraga yang bersifat kongkrit.

III.           PELAKSANAAN PENELITIAN

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Jugalajaya kecamatan jasinga kabupaten Bogor.

Sebelum dilaksankaan penelitian kelas ini, terlebih dahulu perencanaan penelitian dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil pembelajaran.

  1. Tempat dan Waktu Penelitian

Perbaikan dilaksanakan di SDN jugalajaya mulai tanggal 25 Oktober s/d 01 November 2010

Tanggal 25 Oktober 2010 IPA siklus I

Tanggal 01 November 2010 IPA siklus II

  1. Deskripsi Persiklus

Setelah pembelajaran Siklus I terlaksana yang diobservasi oleh teman sejawat dan hasil Observasi dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah perbaikan secara umum sudah baik,namun ada hal-hal khusus yang masih perlu diperbaiki pada pelajaran Tematik IPA seperti pemahaman siswa terhadap pembelajaran siklus II diadakan,adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Guru menjelaskan kembali materi pembelajaran Tematik IPA dengan terperinci mengenai hewan-hewan yang merugikan manusia dan hewan yang merugikan hewan lain sambil menunjukkan gambar-gambar hewan.
  2. Guru memberikan tehnik penyampaian yang menarik melalui model alat peraga binatang yang merugikan dan melibatkan seluruh siswa kelas II untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan secara lisan.
  3. Memberikan soal-soal tertulis untuk evaluasi

IV.           HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Setelah ditemukan permasalahan dengan ditindaklanjti berupa langkah-langkah dan upaya menimbulkan suatu analisis yang keseluruhan aspeknya telah dibahas sebelumnya. Selanjutnya Penulis akan menyajikan hasil pengolahan yang ditemukan dalam penelitian ini.

1.      Hasil Pengolahan Data

TABEL I

DAFTAR NILAI IPA

KELAS II (Dua)

SD NEGERI JUGALAJAYA

NO

NAMA SISWA

NILAI

PRASIKLUS

SIKLUS I

SIKLUS II

1 AA Dio

40

60

60

2 Adi Oni

40

40

60

3 Aji ramdani

40

40

60

4 Amelia Fitri

80

80

100

5 Ayu Astutia

60

60

80

6 Azi Munadi

80

100

100

7 Dail Fakih

100

100

100

8 Egis

40

40

60

9 Endin Sunardi

80

80

100

10 Erna

20

40

60

11 Heriadi

20

40

60

12 Iit Matula

60

60

80

13 Irma Husnah

60

60

80

14 Irsal wahid

40

60

80

15 Irmawati

60

80

80

16 Irma Delia

60

80

80

17 Irfah Tulawaliah

80

80

100

18 Ipin Nurwati

60

60

80

19 Iyus Supriadi

20

40

60

20 Jaelani

80

100

100

21 Lilis  Anggraeni

60

60

80

22 M. Almusowir

60

80

80

23 M. Tomi

40

40

60

24 M. Santana

40

60

60

25 M. Pajri

20

40

60

26 M. Rosid Ridho

100

100

100

27 Maman

20

40

60

28 M. Erdiyana

40

40

60

29 M. Septia pemi

40

60

60

30 M. Ari Santana

40

60

60

31 Nani Andriani

60

80

80

32 Nurmawah

40

60

60

33 Nur Rahmadiana

60

60

80

34 Nur Laesa

60

60

80

35 Odih

20

40

60

36 Pebi Ariskandi

60

60

80

37 Priana

40

40

60

38 Ripki Agustin

40

40

60

39 Rizki R

20

40

60

40 Saripudin

60

60

60

41 Siti Saheni

60

60

60

42 Siti Haela

80

60

60

43 Siti Sapiah

40

60

60

44 Siti Jamilatul

60

60

80

45 Siti Komariah

60

60

80

46 saepul

40

60

80

47 Suliwa

80

100

100

48 Siti Maesaroh

40

60

60

49 Siti Maedah

40

60

80

50 Siti Nurul Fiah

60

80

100

51 Siti Nurwilah

60

60

80

52 Sulaeman

40

60

60

53 Suhendi

20

60

60

54 Siti Yulina

40

60

60

55 Siti Yulisah

40

60

80

56 Tantri

60

80

100

57 Tia

20

40

60

58 Windiani

20

40

60

59 Yusuf

40

60

60

60 Yopan

20

40

60

61 M. Anggi

20

40

60

JUMLAH

2980

3680

4440

KKM 60

TABEL II

DAFTAR NILAI IPA KELAS II

KELOMPOK NILAI

PRASIKLUS

SIKLUS I

SIKLUS II

JUMLAH SISWA

%

JUMLAH SISWA

%

JUMLAH SISWA

%

20

12

19.67

40

21

34.42

19

31.14

60

19

31.14

27

44.26

32

52.45

80

7

11.47

10

16.39

19

31.14

100

2

3.27

5

8.19

10

16.39

2.      Deskripsi temuan dan refleksi

Berdasarkan diskusi dengan teman sejawat dan Supervisor pada pembelejaran Tematik IPA Siklus I secara klasikal semua siswa diberi penjelasan mengenai hewan-hewan yang merugikan manusia dan hewan yang merugikan hewan lain dengan ditunjukkannya gambar-gambar binatang tersebut, pembelajaran berjlaan dengan lancar, namun pada saat evaluasi diadakan, ternyata dari 61 siswa yang menjawab benar dengan skorr ada 5 orang siswa, 19 siswa mendapat skor 40, 27 siswa mendapat skor 60 dan 10 orang siswa mendapat skor 80. Ini mungkin terjadi karena guru hanya menjelaskan materi Tematik IPA dengan hanya menunjukkan gambar-gambar binatang saja.

Dengan adanya hasil siswa yang belum memuaskan maka diadakan perbaikan pada siklus II. Guru memutuskan untuk memberikan tehnik penyampaian yang menarik melalui bantuan model alat peraga berupa hewan-hewan yang merugikan dan melibatkan seluruh siswa, selama proses pembelajaran berlangsung Nampak terlihat jelas kelas II aktif dalam menyebutkan nama-nama binatang yang merugikan dan menunjukkan binatang-binatang tersebut. Lalu evaluasi tertulis diberikan dan hasilnya seluruh siswa mendapatkan nilai sesui KKM (60) bahkan ada yang mencapai nilai 100. Ini membuktikan bahwa siswa sudah mampu dan bisa memahami apa yang disampaikan guru pada tehnik Tematik IPA.

3.      Pembahasan dari setiap siklus

Berdasarkan data Deskripsi yang diperoleh dalam pembelajaran IPA siklus 1 dapat diperoleh gambaran bahwa separuh atau 31,14 % belum bisa memahami materi dengan jelas. Ini terbukti dari nilai yang diperoleh siswa, 19 siswa mendapatkan skor 40 setelah dilaksanakan perbaikan pada siklus II terlihat adanya peningkatan dimana skor evaluasi siswa yang mencapai ≥ 60.

Dari data Deskripsi dapat dilihat besarnya peningkatan minat siswa dalam proses pembelajaran Tematik IPA di kelas II.

V.               KESIMPULAN DAN SARAN

A.   KESIMPULAN

Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksankan dapat ditarik kesimpulan diantaranya sebagai berikut :

a.       Siswa lebih mudah memahami konsep dengan menggunakan alat peraga yang kongkrit

b.      Siswa lebih aktif dan konsentrasi siswa lebih meningkat

c.       Nilai siswa jauh lebih baik dari pada sebelum diadakan perbaikan di siklus II

B.   SARAN DAN TINDAK LANJUT

Berdasarkan kesimpulan diatas beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh guru dalam meningkatkan konsentrasi siswa serta mengakifkan siswa diantaranya :

  1. Menggunakan alat peraga dalam setiap palajar yang disesuaikan dengan pokok bahasan agar siswa lebih aktif dan berkonsentrasi dalam setiap pembelajaran Tematik IPA.
  2. Memberikan penguatan pada siswa yang sudah berhasil dengan baik. Selain itu berdasarkan pengalaman melaksanakan pembelajaran melalui PTK kiranya perlu ditingkatkan lagi dalam kegiatan KKG (kelompok Kerja Guru) agar selalu dapat bertukar pikiran dan pengalaman berkenaan dengan masalah yang dihadapi disekolah.

 

DAFTAR PUSTAKA

  • Djamarah, Sy.B.Zain, A. 2006, Strategi Belajar Mengajar (ER). Jakarta  : Rinerka cipta
  • Gulo, W.2002. Strategi Belajar Mengajar , Jakarta : Grasido
  • WARDANI.I.GAK. Materi Pokok Penelitian Tindakan kelas, 1-6 : IDIK 4008/2 SKS/IGAK
  • Wardani.KuswayuWihardi,Cet. Ho-I. Jakarta : Universitas Terbuka.

 

 

 

 


 

 

 

 

About kelompok29bgr

Nya abdi atuh...
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment